Kegiatan Ramadhan 1441 H

Bulan Ramadhan adalah saat yang paling tepat untuk meraup berkah dan mencari sebanyak-banyaknya pahala. Pasalnya, pada bulan mulia ini Allah SWT melipatgandakan segala amal ibadah yang dilakukan oleh hamba-Nya, sebagaimana yang tertuang pada hadits berikut:

“Rasulullah Saw adalah orang yang paling dermawan, dan saat beliau paling dermawan adalah di bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril menemui beliau. Malaikat Jibril senantiasa menemui beliau pada setiap malam dalam bulan Ramadhan untuk saling mempelajari Al-Qur’an. Pada saat itu Rasulullah lebih dermawan dalam melakukan amal kebajikan melebihi (cepat dan luasnya) hembusan angin.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Berlatar belakang hal tersebut, GIM Foundation pada bulan Ramadhan tahun 1441 H menyelenggarakan serangkaian kegiatan kemanusiaan yang dapat dijadikan sarana untuk mencari pahala semata-mata karena Allah ta’ala.

Program-program GIM Foundation pada tahun ini disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat yang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah covid-19.  Hal ini dilakukan agar bantuan sosial yang diberikan benar-benar berguna dan mampu meringankan beban para penerima manfaat.

Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, semua kegiatan sosial yang kami agendakan selama bulan Ramadhan berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan. Beberapa kegiatan yang telah kami lakukan diantaranya:

  • Berkah Ramadhan, yaitu Berbagi Sedekah Makanan/Ifthar selama bulan Ramadhan pada yatim, lansia, pedagang kecil, pejuang jalanan, dan duafa, utamanya yang terdampak covid-19. Sebanyak 50 kotak makanan bergizi dan takjil dibagikan setiap hari, dan 100 kotak makanan didistribusikan di hari Jumat  menjelang waktu berbuka puasa. Alhamdulillah dukungan masyarakat begitu besar pada program ini hingga selalu ada yang menitipkan donasi baik berupa dana maupun makanan setiap harinya.
  • Tadarus Al-Quran, dilaksanakan setiap hari jumat bersama adik-adik yatim binaan GIM Foundation. Selain membaca kitab suci, adik-adik dan juga ustadz dan ustadzah melakukan doa bersama guna mendoakan para donatur dan bangsa Indonesia agar segera pulih dari pandemi covid-19. Kegiatan ini dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19.
  • Bantuan Paket Sembako, diperuntukkan bagi keluarga yatim, lansia duafa, penyandang tuna netra duafa, dan masyarakat yang sangat terdampak covid-19. Melihat banyaknya warga yang sangat membutuhkan bantuan bahan pokok untuk makan sehari-hari, GIM Foundation mengadakan kegiatan ini dalam tiga tahap selama bulan Ramadhan dengan total paket yang dibagikan sejumlah 403 paket.
  • Bantuan Paket Senyum Lebaran, berupa santunan tunai dan bingkisan lebaran berisi baju baru, alat shalat, kue dan roti, susu, sirup, teh, minyak dan beras. Sebanyak 200 paket senyum lebaran diberikan menjelang hari raya dengan tujuan untuk berbagi kebahagiaan di hari yang fitri pada keluarga yatim, lansia, dan juga masyarakat duafa.
  • Bantuan Penyaluran Fidyah dan Zakat pada yang berhak selama bulan Ramadhan, mengingat ada banyak donatur yang tidak sempat atau kesulitan menunaikan kewajiban fidyah dan zakatnya di bulan ramadhan karena anjuran agar tetap berada di rumah saja selama masa pandemi.

Kami segenap pengurus menyampaikan apresiasi yang sangat besar pada seluruh relawan yang telah berjuang semata-mata karena niat ibadah pada Allah dan rasa cinta pada sesama umat manusia. Tanpa semangat dan ketulusan hati Anda sekalian dalam menyampakan amanah dari para donatur, maka program-program GIM Foundation selama bulan Ramadhan tidak akan mungkin dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Tak lupa, kami juga menghaturkan rasa terimakasih dari hati kami yang terdalam pada seluruh dermawan yang rela menyisihkan sebagian dari harta titipan Allah untuk membantu meringankan beban orang lain. InsyaAllah, janji Allah SWT akan menjadi nyata bahwa rezeki yang disedekahkan akan dilipatgandaka,  sebagaimana yang difirmankan dalam surah Al-Baqarah : 261:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (rahmat) karuniaNya, lagi meliputi ilmu PengetahuanNya.” (Al-Baqarah:261)

Kegiatan Ramadhan 1441 H
Scroll to top